Popular Post



Posted by : Unknown Senin, 19 Desember 2011




     Pada sekitar tahun 1500 SM bangsa arya memasuki india di bagian barat laut.Mereka berhasil menaklukkan bangsa asli dravida.Setelah itu,bangsa arya memperkenalkan dan mewariskan peradaban baru yang disebut weda . Weda bermakna pengetahuan .Weda merupakan kumpulan kitab-kitab suci berbentuk syair yang ditulis dalam bahasa sanskerta terdiri atas 4 samhita (himpunan).Berikut ke-4 samhita tsb:

  1. rigweda (syair-syair pujian terhadap para dewa).
  2. samaweda (syair-syair nyanyian untuk para dewa)
  3. yajurweda (doa-doa untuk penghantar sesaji yang disampaikan kepada para dewa)
  4. atharwaweda (mantra-mantra dan jampi-jampi untuk sihir dan ilmu gaib)
Pada masa itu muncul kepercayaan terhadap dewa.Dewa -dewa tersebut antara lain:

Dewa agni (api),dewa bayu(angin),dewa surya(matahari),dewa candra(bulan),dewa marut(angin kencang),dewa baruna (angkasa),dewa parjana(hujan),dewa indra(perang),dewa usa(fajar) dan sebagainya...
Sistem kepercayaan yang menyembah banyak dewa (politeisme) di pimpin oleh para pendeta atau brahmana. Keyakinan terhadap golongan brahmana ini merupakan awal lahir nya agama hindu.
Pada sekitar abad 500 SM masyarakat di bagi dalam 4 kasta(caturwarna) yaitu :
  • Brahmana (pendeta)
  • Ksatria (raja,bangsawan,prajurit)
  • waisya (petani,pedagang,penghasil bahan makanan)
  • sudra (pekerja kasar (budak).
Sedangakan kelompok masyarakat yang dianggap paling rendah kedudukannya ialah paria atau candala.Pada sekitar abad ke-1 muncul lah pembaruan terhadap brahmanisme yang memuja 3 dewa utama disebut Trimurti (3 badan).Dewa yang di puja masyarakat tersebut adalah Dewa brahma (pencipta alam),Dewa Wisnu(pemelihara alam)dan Dewa siwa (perusak alam).Sejalan dengan munculnya  pembaharuan itu , kepercayaan masyarakat di nyatakan sebagai agama hindu ,yakni agama bagi seluruh Hind (India).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kyu world - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -